Etika Bersosial Media

Pemakaian internet kini bukan hanya dipakai oleh kalangan orang dewasa sebagai sumber mencari informasi. Namun, anak remaja dikalangan kita pun menggunakannya sebagai sumber untuk membantu mencari materi tugas sekolah atau kuliah. Internet juga merupakan tempat dimana kita dapat berkomunikasi dengan orang lain, yang berada jauh dari jangkauan sang pengguna.

Semakin berkembangnya peradaban, teknologi yang membuat perkembangan sosial media sangatlah berpengaruh. Di Indonesia sendiri pengguna internet dan soial media sangatlah tinggi. Pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 132,7 pengguna. Sedangkan masyarakat Indonesia jumlahnya mencapai 256,2 juta orang. Dalam sosial media seperti facebook, Indonesia menduduki peringkat 4. Sedangkan pengguna Twitter di Indonesia diperkirakan mencapai 50 juta orang.

Namun, sebagian kecil dari penggunanya belum tahu bahwa menggunakan sosial media pun ada etikanya. Jika kita sembarangan menggunakannya, maka yang didapat bukanlah dampak positif melainkan negatif. Seperti contohnya, curhat didalam sosial media yang membuat pengguna lain dapat melihatnya, dan tak jarang mencela atau mencaci makinya.

Maka dari itu, kita sebagai pengguna media sosial harus lebih berhati-hati dalam menggunakannya terlebih lagi dalam membuat status dan mengkomentari status orang lain. Walau niat kita baik dalam menggunakannya, orang lain belum tentu berfikir sama.
Selain itu, sebagai pengguna internet dan sosial media, kita juga harus lebih berhati-hati lagi. Bagaimana pun tulisan dan video yang kita umbar didalamnya, akan terlihat oleh puluhan, ratusan ataupun seluruh orang di dunia ini.

Nah, karena itu mari gunakan sosial media atau internet dengan lebih bijak dan cerdas, gunakan juga sosial media atau internet untuk hal-hal yang positif dan bermanfaat. (nurbaiti, undus).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *