Frequently asked questio

Frequently asked question (FAQ)

1. Apa Visi dan Misi Lazuardi?

Visi: Menjadi world class school yang dapat menjadi sumber inovasi dan kreativitas dalam upaya perbaikan terus – menerus falsafah, prinsip, system, dan praktik pendidikan serta mendorong kea rah pemerataan pendidikan berkualitas untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Misi: Membekali siswanya untuk dapat memiliki kesemua bekal bagi suatu kehidupan yang baik, di dunia dan di akhirat, mengadvokasi pemerintah untuk mengembangkan sistem pendidikan yang baik dan accessible untuk seluruh masyarakat Indonesia, serta mendorong tumbuhnya sekolah – sekolah yang berkualitas.

2. Kurikulum Lazuardi?
SMA Lazuardi menggunakan kurikulum 2013 dengan tambahan muatan lokal (life skill, tadarus, bahasa arab, project, dan research). Khusus bagi siswa asrama ditambah pengayaan malam, Islamic studies dan shalat berjammaah. Untuk Kurikulum ini, peminatan dilakukan di kelas X, ke dalam 2 kelompok peminatan yakni IPA atau IPS berdasarkan rekomendasi dari hasil tes psikologi, angket siswa, tes matematika dasar dan rapor SMP.

3. Dari mana saja latar belakang pendidikan gurunya?
UNPAD, UPI, IPB, UIN, UI, UNJ, dan lain-lain.

4. Metode Pembelajaran di SMA Lazuardi ?
• Berusaha menerapkan sistem pembelajaran Active learning, individual approach, pemberdayaan multiple intelligences
• Guru berperan sebagai fasilitator
• Pembinaan dan penumbuh kembangan prestasi siswa setiap bulan berikut pelaporannya dalam bentuk profil
• Klinik bidang study (drilling bagi anak yang kurang mampu akademik) dll.
• Remediali
• IEP (individual educational program) untuk Anak Berkebutuhan Khusus

5. Program tambahan di luar KBM seperti apa?
• Program klinik bagi anak-anak yang membutuhkan
• Bagi siswa asrama mendapat pengayaan malam oleh guru Lazuardi. Kegiatan ini berlangsung di malam hari jam 20.00-21.00.
• Khusus kelas 3, dibekali program tambahan pendalaman materi setiap sabtu dari pukul 07.30 – 11.00
• Program remedial

6. Program keasramaan
• Asrama merupakan fasilitas pilihan, tidak semua siswa wajib tinggal di asrama. Hanya bagi yang berminat saja. Mengingat kapasitas asrama juga terbatas. Masing-masing kamar 2 orang, dengan fasilitas tempat tidur, meja belajar, 1 lemari untuk 2 orang, kipas angin, dan jemuran. Untuk kamar mandi, 1 kamar mandi untuk 3-4 orang.
• Program asrama: shalat berjamaah, tadarus, pengayaan malam dan keislaman, curhat, dialog individu tentang keagamaan, dzikir, shalat tahajud bersama (juga bagi yang non asrama), malam kebersamaan, dormitory cup, dll.

7. Apakah ada siswa yang kena narkoba di SMA Lazuardi? Apa antisipasi Lazuardi dalam hal itu dan hal-hal yang berkaitan dengan itu?
• Lazuardi adalah sekolah yang anti narkoba. Setiap calon siswa diseleksi dengan ketat.
• Setiap siswa mengikuti tes kesehatan dengan dokter sekolah termasuk tes urine
• Apabila ada indikasi terkena narkoba, sewaktu-waktu (sidak) dites kembali urinenya. Jika terbukti positif maka pendidikan siswa yang bersangkutan akan dkembalikan ke orang tuanya

8. Fasilitas yang dimiliki?
• Ruang Belajar AC dengan fasilitas ICT
• Laboratorium Multimedia
• Laboratorium Fisika
• Laboratorium Kimia
• Laboratorium Biologi
• Laboratorium Bahasa
• Laboratorium Komputer
• Perpustakaan
• Klinik sekolah dengan dokter jaga 3x seminggu dan suster sekolah yang stand by setiap hari
• Asrama Putra
• Asrama Putri
• Aula
• Lapangan Basket
• Lapangan Bola (Futsal)
• Masjid
• Kantin
• Koperasi

9. Program unggulannya apa saja?
• Quantum Training / Lazuardi Training Program
Sebuah program inbound dan outbond training yang diberikan pada awal tahun ajaran dengan tujuan untuk memunculkan rasa percaya diri, membangun team work dan jiwa leadership pada anak. Program inbound diisi dengan berbagai macam wawasan mengenai kelazuardian yang berisi tentang kurikulum, kesiswaan, ekskul, program unggulan sekolah, keagamaan, self esteem & ketahanmalangan, dan pemaparan sekolah welas asih.

• Infield Camp
Sebuah program terjun ke desa, dimana anak-anak kelas XII dilatih untuk lebih mandiri dan memiliki empati sosial karena di dalam program ini siswa harus melaksanakan aktivitas seperti bertani, berjualan bakso, membuat oncom, dan aktivitas lain yang dilakukan oleh masyarakat desa.

• ENTREPRENEUR Project
Siswa diajarkan menjual produk/hasil karya dalam kegiatan entrepreneur expo.
Siswa dibiasakan mencari sponshorship dalam berbagai event yang diselenggarakan sekolah.
Siswa dibiasakan menjadi event organizer (EO) pada event-event sekolah berikut pencarian sponsor untuk mendukung terwujudnya event-event tersebut

• Research
Di kelas XI, siswa SMA Lazuardi diberi proyek riset yang mereka kerjakan dalam bentuk penelitian, untuk kemudian menuliskannya dan mempresentasikannya di hadapan dewan guru. Melalui program ini, diharapkan para siswa menjadi terbiasa meneliti, presentasi, berargumentasi dan berlatih untuk memecahkan masalah. Melalui program ini siswa juga dilatih untuk menulis dengan sistematika yang runut dan sesuai kaidah.

• Life Skills
Pembekalan keterampilan hidup dengan mendatangkan praktisi dari berbagai bidang seperti dokter, penulis, LSM, reporter, trainer, dan lain-lain yang diadakan sekali dalam seminggu dan diorganisir oleh siswa sendiri

• Keputrian
Salah satu program favorit bagi anak putri yang diadakan setiap jum’at siang ketika siswa putra sholat jum’at. Program ini berisi tentang fiqhunnisa, memasak, menjahit, perawatan tubuh, dan lain sebagainya.

• Dhuha Bersama dan Coffee Morning
Program bulanan yang wajib diikuti oleh seluruh siswa baik asrama dan nonasrama, juga guru dan karyawan SMA Lazuardi untuk kegiatan Coffee Morningnya

10. SMA lazuardi berdiri tahun berapa & sudah meluluskan berapa angkatan?
( berdiri tahun 2003 & sudah meluluskan 15 angkatan)

11. Biasanya lulusannya ke mana saja?
(50% ke PTN, beragam universitas, seperti UI, ITB, IPB, UNBRAW, UNPAD, UIN, dsb. Sisanya ke universitas swasta seperti Prasetya Mulya, I3L, Binus, Trisakti, LSPR, UMN, dll & luar negeri seperti Jerman, Malaysia, Australia, Singapura, Jepang, Abu dhabi)

12. Jam masuk & pulang siswa kapan?
(7.30 – 16.00)

13. Ekskul yang tersedia apa saja?
(study club, bahasa asing, tahfidz qur’an, creative club, IT club, research club, futsal, basket, yoga, aerobik, taekwondo, ansamble music, tari, lukis, fun cooking, fotografi)

14. Ekskul yang dikenakan biaya tambahan apa saja?
(taekwondo, fun cooking). Ekskul yang lain sudah termasuk dalam SPP

15. Untuk jadwal tesnya kapan?
(untuk interview bisa dilakukan per orangan bersama anak dan orang tua berdasarkan kesepakatan antara sekolah dan ortu calon siswa. Untuk psikotestnya dilakukan per gelombang bersama psikolog , untuk menentukan jurusan ananda)

16. Materi tes apa saja?
(interview anak dan orang tua serta Psikotest. Untuk siswa special needs, akan ada tambahan assessment tes dengan orthopedagog jika diperlukan. Untuk Tes akademik akan dilakukan setelah siswa masuk untuk penentuan penjurusan)

17. Pengumuman tes kapan? (maksimal 2 minggu setelah tes, diinfokan via wa/email dan telepon)

18. Pembayarannya bagaimana?
(Pembayaran bisa diangsur 3-5 tahap sesuai syarat & ketentuan setelah dinyatakan
diterima dan diberi waktu 2 minggu setelah pengumuman .Jika lebih dari 2 minggu tidak
melakukan pembayaran, maka akan masuk waiting list kecuali masih ada sisa kuota)

19. Bagaimana kalau sudah bayar lalu resign?
(Pembayaran tidak dapat ditarik kembali alias hangus)

20. Kurikulum apa yang dipakai?
(2013, dimana guru berperan sebagai fasilitator ,smntara siswa harus lebih aktif dan kreatif. Pengajaran tidak melulu ceramah, tetapi juga dibuat menarik & atraktif, sehingga menyenangkan bagi siswa.

21. Kalau mau mendaftar bagaimana?
(Membeli formulir pendaftaran Rp.500.000. Paket formulir ada di ruang humas, berikan nomor terkecil terlebih dahulu. Kuitansi diisi & ditanda tangani penerima uang & pembeli. Lembar putih diserahkan ke pembeli, lembar biru plus uang diserahkan ke keuangan. Data pembeli formulir dicatat di buku daftar pembelian formulir yang tersedia di meja resepsionis atau ruang humas.

22. Asrama bagaimana ?
(Asrama merupakan fasilitas pilihan, sekitar 45% siswa tinggal di asrama, dengan model pulang seminggu sekali. Jumat dijemput dan minggu sore kembali cek in ke asrama maksimal jam 18.30. Satu kamar untuk 2 orang.

23. Program asramanya apa saja?
(Sholat berjamaah 5 waktu, pengayaan malam seminggu 2 kali, program donasi/kakak asuh, kultum, mengaji bersama, yasinan & tahlil di malam jumat, pembekalan dari pembina asrama, dll. Di asrama juga tersedia fasilitas laundry, sehari maksimal 4 pcs, pakaian dalam cuci sendiri).

24. Program internasional yang dilaksanakan apa saja?
(International Study Tour, Students Exchange, Lomba Karya Ilmiah atau Olimpiade
Internasional)

25. Apakah sekolah ini menganut paham syiah atau mazhab tertentu ? Bukankah Pak Haidar Bagir menganut paham syiah ?

Sekolah tidak menganut paham syiah atau mazhab tertentu, tetapi mengikuti kurikulum nasional. Pak Haidar menganut paham sunni.

26. Anak saya dari SMPIT dan sudah hafal 5 juz, saya tidak mau hafalan anak saya hilang ketika di SMA. Bagaimana SMA Lazuardi mengakomodir hal ini dan seperti apa program keislaman di SMA Lazuardi? Sekolah mengakomodir kebutuhan anak per anak, dari yang masih belum lancar mengaji sampai yang sudah hafal sekian juz. Untuk hafiz quran bisa mengikuti ekskul tahfiz dan bagi yang berasrama juga bisa menambah hafalannya dengan Pembina yang juga hafiz qur’an.

27. Apa keunggulan SMA Islam Lazuardi dengan SMA IT lainnya ?
SMA Lazuardi melakukan pendalaman alqur’an secara tematik. Tidak hanya fokus pada
hafalan, tapi juga makna dari ayat-ayat alqur’an yang menyangkut kehidupan kita sehari-
hari. Kami fokus pada penanaman akhlak, moral, dan perilaku. Lazuardi bersifat universal,
maka disebut global Islamic school, menerima semua mazhab.

28. Adakah target hafalan di SMA Lazuardi sebagai syarat kelulusan?
Surat-surat pilihan di juz 30 dan doa-doa pilihan. Setiap level mendapat tugas hapalan yang berbeda-beda.

29. Apa bedanya siswa yang asrama dengan yang full day? Apakah kualitas pendidikan yang diperoleh anak-anak asrama lebih baik daripada yang full day?

Siswa Full Day pulang setiap hari jam 16.00, siswa asrama pulang setiap jumat jam 16.00. Di asrama terdapat jadwal kegiatan yang sudah diatur setiap harinya, seperti sholat berjamaah, mengaji, kultum, dan lain-lain, hingga pelajaran tambahan di malam hari sebanyak 2-3x seminggu.

30. Bagaimana sistem pengawasan keluar masuk gerbang sekolah untuk siswa yang asrama dan nonasrama ? untuk siswa asrama wajib membawa kartu izin keluar yang sudah ditandatangani oleh Pembina asrama

31. Apakah ada program khusus bagi anak asrama yang tidak pulang saat weekend? Sekolah akan memfasilitasi siswa yang tidak pulang saat weekend dengan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat, seperti olahraga bersama, jalan-jalan ke tempat wisata sekitar sekolah atau sekitar Jakarta

32. Mengapa tidak ada program tahajud bersama di sekolah untuk seluruh siswa? Program tahajud dilakukan oleh siswa asrama atau di saat waktu-waktu tertentu, misalnya menjelang ujian nasional, dan lain-lain

33. Mengapa tidak ada ujian tertulis untuk mata pelajaran agama ?
Karena di SMA Lazuardi lebih menekankan pada praktik sehari-hari dalam bentuk akhlak dan ibadah yang nyata (hablumminallah dan hablumminannas), tidak hanya berupa teori dan konsep. Hal ini dilakukan karena banyak siswa yang nilai konsepnya bagus, namun dalam penerapan akhlak dan ibadahnya tidak sesuai.

34. Apakah kurikulum agama yang ditetapkan di SMA Lazuardi ?
Buku paket yang digunakan dari penerbit apa, penulisnya siapa?
Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum nasional 2013. Buku paket yang diberikan juga
sesuai dengan buku yang ditetapkan dinas pendidikan kurikulum 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *