KARYA ILMIAH: MODAL UNTUK MASA DEPAN

Karya Ilmiah (KI), merupakan sebuah program tahunan yang diikuti oleh kelas 11 bertujuan untuk melatih siswa-siswi menulis, berinovasi, dan berkarya. Dipimpin langsung oleh Bu Ika, semua siswa-siswi kelas 11 pun dilatih dan diajari caranya menulis menggunakan kaidah yang benar dan berpikir di luar kepala. Karya Ilmiah yang dihasilkan siswa-siswi kelas 11 mempunyai tema yang sangat beragam; mulai dari biologi hingga sastra, kimia hingga sejarah, dan fisika hingga psikologi. Tidak jarang karya Ilmiah yang dihasilkan siswa-siswi terpilih untuk mengikut kompetisi. Sebagian besar penghargaan yang diraih SMA Lazuardi adalah tak lain tak bukan berasal dari program ini.

Tentunya membuat karya ilmiah memerlukan proses yang panjang. Memulai untuk menulis itu tidak gampang, lho. Semua yang tertulis dalam Karya Ilmiah harus berdasarkan fakta. Secara tidak langsung, hal ini melatih para siswa-siswi untuk berpikir kritis dan tidak gampang dibohongi. Lalu, semua tulisan juga harus melewati tahap revisi agar bisa menjadi lebih baik lagi. Nanti di akhir program, semua karya ilmiah akan melewati sidang. Semua siswa-siswi kelas 11 pun diminta untuk mempresentasikan karya ilmiah mereka di depan para penguji. Bagaimana, menantang bukan?

Program karya ilmiah sangat berguna sebagai “bekal” bagi para siswa-siswi SMA Lazuardi GIS nanti saat memegang status mahasiswa. Hal ini dikatakan oleh salah satu alumni SMA Lazuardi GIS yang sekarang sedang menempa ilmu seni fotografi di Australia, yaitu Adista Nuratika. “Program KI pas masa SMA berguna banget buat aku sekarang yang kerjaannya sering buat research essay. Jadi kalau dosen ngasih tugas essay, aku udah kayak terlatih gitu, udah biasa deh karena program KI. ” tutur salah satu alumni dari angkatan Chrodiveron (12) ini.

Selain itu, program KI juga ikut menyumbang sebagian besar medali yang dimiliki SMA Lazuardi! Karena program ini, SMA Lazuardi bisa mendapat penghargaan nasional maupun internasional. Maka dari itu, program Karya Ilmiah bukanlah sekedar tugas yang wajib diikuti oleh siswa-siswi kelas 11. Melainkan bekal yang sangat penting bagi masa depan mereka. (darlene)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *