Life SKills : Psikolog itu Siapa ?

Life skill kali ini kami mengundang seorang psikolog. Dante dan Gafra perwakilan dari murid X Social 1 mengawali acara dengan menampilkan lagu “Blackbird” dari grup band The Beatles. Psikolog yang kami undang bernama Gisella Tani Pertiwi, M.psi,  ia akrab dengan nama panggilan Ella oleh teman dekatnya. Materi yang ia bawakan pastinya seputar psikologi seperti program studi yanga ada di jurusan psikologi, definisi psikolog, kemampuan yang harus dimiliki apabila ingin menjadi psikolog hingga pekerjaan.

Ka Ella disini lebih menjelaskan seputar pengalamannya sendiri. Mulai dari ia mengambil kuliah psikologi dan menempuhnya selama kurang lebih 6 tahun dan kembali melanjutkan studi S2 untuk mendapatkan gelar psikolog. Kak Ella juga memberikan informasi bahwa dalam psikologi tidak hanya mempelajari seputar sikap manusia melainkan juga ada hitung-hitungan. Di sela-sela pembawaan materi, beliau juga memberi kita semacam ‘permainan’ ilusi optik, antara lain ada gambar kelinci/bebek dan seorang perempuaan yang kedua gambar tersebut memeliki sisi lain. Hal tersebut menunjukan bahwa setiap orang memiliki penelian yang berbeda dari hal-hal yang dilihat sekitar lingkungan.

Psikolog dan psikiater itu beda gak sih? Pastinya berbeda karena psikiater itu berlatar belakang dokter yang biasa dilanjutkan dengan ilmu kejiwaan nantinya. Sedangkan psikolog itu lebih mempelajari kognitif, afektif dan korelatif. Semua hal tersebut juga disampaikan oleh kak Ella di Life Skill. Adapula materi yang menarik lainnya yang disampaikan seperti  cara masuk kuliah jurusan psikologi yang juga diminati oleh siswa-siswi SMA Lazuardi.

Beliau ini sekarang bekerja di sekolah teruna muda di daerah Cibubur dan Panti Sosial rugu Bangsa.

Written by 

We are the IT Men of Laz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *