Mengenal Lebih Dekat UKS SMA Lazuardi

UKS (Unit Kesehatan Sekolah) SMA Lazuardi merupakan salah satu fasilitas kesehatan sekolah yang disediakan SMA Lazuardi untuk para siswa dan guru serta karyawan yang ada di SMA Lazuardi. Adapun fasilitas yang disediakan di UKS diantaranya adalah dokter jaga, perawat dan obat-obatan untuk pengobatan pasien.

Tim Kesehatan UKS terdiri dari 3 orang dokter dan 1 perawat (Suster Tia). Adapun dokter yang bertugas di UKS sesuai dengan jadwal yakni SELASA ( dr. Widya ), RABU ( Dr. Imania ) dan JUMAT ( dr. Putri) dari jam 13.00 s/d 16.00.
Adapun tujuan didirikannya UKS ini adalah untuk membantu para siswa, guru dan karyawan SMA Lazuardi dalam meningkatkan kesehatan mereka. Selain itu UKS memiliki program harian dan program tahunan. Adapun Program Harian diantaranya adalah pemeriksaan harian siswa dan guru serta karyawan sakit oleh dokter dan perawat, pembinaan anggota PMR (piket PMR) dan penyuluhan kesehatan dalam kegiatan keputrian seperti P3K, masalah kewanitaan, Kanker Serviks, dll). Selain itu program tahunan seperti Medical Check Up & Tes Narkoba siswa baru, pengobatan gratis Lazuardi Festival dan Pengobatan gratis saat pelaksanaan In Field Camp.

Selain itu UKS juga sering bekerja sama dengan Puskesmas Rangkapan Jaya Baru dalam meningkatkan kesehatan para siswa. Adapun kegiatan yang dilakukan belum lama ini diantaranya pelaksanaan Imunisasi ORI Difteri (ORI 1,2 & 3) dan penjaringan kesehatan (kesehatan gigi & kesehatan umum).

UKS SMA Lazuardi selain didatangi para siswa yang sakit, juga sering didatangi para siswa yang sehat, biasanya mereka datang hanya sekadar bercanda gurau atau pun bercerita hal lain yang menggangug pikiran mereka, sekedar melepaskan stres, mencari informasi kesehatan terkait kesehatan mereka, berbagi pengalaman yang mereka alami dan terkadang ada beberapa siswa yang bercerita tentang permasalahan remaja mereka.

Maka dari itu, biasanya Tim kesehatan UKS ( dokter & perawat ) juga sering berkoordinasi dengan WALAS dan KOMDIS dalam menindaklanjuti permasalahan yang ditemukan. Hal ini sangat perlu dilakukan demi menjaga kesehatan dan kenyamanan para siswa selama di SMA LAZUARDI. (eska fitiana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *