Pekan Literasi SMA Lazuardi 2018

Kegiatan tahunan SMA Lazuardi, yaitu Bulan Bahasa atau Pekan Literasi, kembali dilaksanakan dengan sukses pada tanggal 9 hingga 12 Oktober 2018 yang lalu. Kegiatan ini dikoordinasikan oleh anggota Ekstrakulikuler Creative Club bersama dengan guru pembinanya, yaitu Bu Labibah, Bu Umay, dan Bu Dwi.
Acara ini dibuka dengan opening di tanggal 9 dengan penampilan tari, jimbe, dan peresmian dari Direktur SMA Lazuardi, Bu Alwiyah Bagir. Opening Pekan Literasi berlangsung dengan meriah dan ramai. Lalu di hari yang sama, dilaksanakan kegiatan Workshop Millennials Journalism yang melibatkan seluruh murid kelas 10 dan 11. Kegiatan jurnalistik ini diadakan oleh perwakilan dari Majalah Gadis. Dalam kegiatan tersebut, siswa-siswi diberi pengetahuan mengenai segala hal tentang jurnalistik, mulai dari dasar-dasar jurnalistik hingga menghindari hoax di media sosial. Di puncak kegiatan jurnalistik, siswa-siswi diminta untuk memotret apa pun di lingkungan sekolah dan diunggah ke media sosial Instagram. Kegiatan jurnalistik pun berakhir setelah para pembicara dari Majalah Gadis mengomentari dan berpendapat tentang foto-foto yang sudah diunggah oleh murid.
Setelah itu, diadakan lomba orasi yang menyeleksi tiga peserta terbaik untuk ditampilkan kembali di final pada puncak acara. Perlombaan ini dilakukan secara tertutup dan hanya melibatkan peserta, juri, serta panitia.
Di hari kedua, perlombaan literasi dan debat berjalan dengan lancar dan berlangsung dengan ramai. Suasana selama perlombaan literasi begitu heboh dan menyenangkan, sementara perlombaan debat membuat suasana tegang dan panas.
Kemudian di hari ketiga, dilaksanakan lomba menulis cerpen, book tasting, serta mading. Ketiga lomba itu menghasilkan juara-juara yang hebat dari berbagai kelas, baik dari kelas 10, 11, maupun 12.
Hari yang ditunggu-tunggu, yaitu puncak acara yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 12 Oktober. MC puncak acara, Raden Muhammad Daffa, membuat kegiatan terakhir ini menjadi seru dan lancar. Di kegiatan puncak ini dilaksanakan dua lomba terakhir, yaitu final lomba orasi dan lomba musikalisasi puisi. Seluruh siswa terhibur dengan penampilan dari peserta final orasi dan begitu menikmati perlombaan musikalisasi puisi.
Kegiatan Pekan Literasi pun berakhir dengan sukses. Selamat untuk para juara dan sampai jumpa di Bulan Bahasa 2019! (Ranti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *