Pelajaran Geografi, Belajar Pertanian Terpadu

Geografi merupakan ilmu untuk menunjang kehidupan sepanjang hayat dan mendorong peningkatan kehidupan. Lingkup bidang kajiannya memungkinkan manusia memperoleh jawaban atas pertanyaan dunia sekelilingnya yang menekankan pada aspek spasial, dan ekologis dari eksistensi manusia. Bidang kajian geografi meliputi bumi, aspek dan proses yang membentuknya, hubungan kausal dan spasial manusia dengan lingkungan, serta interaksi manusia dengan tempat. Sebagai suatu disiplin integratif, geografi memadukan dimensi alam fisik dengan dimensi manusia dalam menelaah keberadaan dan kehidupan manusia di tempat dan lingkungannya.


Mata pelajaran Geografi membangun dan mengembangkan pemahaman peserta didik tentang variasi dan organisasi spasial masyarakat, tempat dan lingkungan pada muka bumi. Peserta didik didorong untuk memahami aspek dan proses fisik yang membentuk pola muka bumi, karakteristik dan persebaran spasial ekologis di permukaan bumi. Selain itu peserta didik dimotivasi secara aktif dan kreatif untuk menelaah bahwa kebudayaan dan pengalaman mempengaruhi persepsi manusia tentang tempat dan wilayah.

Pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperoleh dalam mata pelajaran Geografi diharapkan dapat membangun kemampuan peserta didik untuk bersikap, bertindak cerdas, arif, dan bertanggungjawab dalam menghadapi masalah sosial, ekonomi, dan ekologis. Pada tingkat pendidikan dasar mata pelajaran Geografi diberikan sebagai bagian integral dari Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), sedangkan pada tingkat pendidikan menengah diberikan sebagai mata pelajaran tersendiri.

Minggu ini di pelajaran Geografi, anak-anak belajar tentang pertanian terpadu bersama pak Ivan. Pak Ivan membagi anak-anak menjadi beberapa kelompok kemudian mereka mendesain bagaimana pertanian terpadu yang baik dan mungkin bisa di terapkan.

Ada yang membuat desain tersebut menggunakan aplikasi sketch up, ada juga yang menggunakan denah biasa..

Kemudian mereka mempresentasikan kepada guru-guru yang kebetulan tidak sedang mengajar. Setelah itu anak-anak melakukan post test dengan menggunakan “plickers”, yaitu aplikasi yang memungkinkan melakukan test sekaligus memeriksa langsung melalui scan gambar. Alhamdulillah menyenangkan..

Written by 

We are the IT Men of Laz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *