SAKURA SCIENCE PROGRAM” 19 – 27 Agustus 2018 di Jepang

     Alhamdulillah 3 siswa SMA Lazuardi yang terdiri dari Radita, Rayhan Malano, dan Srikandi Ayu telah terpilih untuk mengikuti “SAKURA SCIENCE PROGRAM” 19 – 27 Agustus 2018 di Jepang.

Yang paling asyiknya, program ini murni dibiayai sepenuhnya oleh Ashikaga University Japan. Nah, bagaimana cerita mereka selama 9 hari di Jepang? Let’s check this out guys!

Sakura Science Program merupakan program yang dibentuk dengan kerja sama pihak JST, Miraikan Museum, dan Ashikaga University. Program ini berawal dari kerja sama pihak AU (Ashikaga University) dengan Professor Yohanes Surya (Surya Institute dan Sekolah GenIUS). Program ini bertemakan renewable energy dan bertujuan untuk mengenal kebudayaan Jepang yang sangat unik. Program ini juga fully funded dimana kami hanya perlu membawa uang untuk jajan dan oleh oleh.
Untuk mengikuti program ini juga tidak mudah, kami harus mengikuti test essay mengenai renewable energy, interview, dan melalui CV. Dari proses seleksi tersebut, terpilihlah 10 siswa dari Indonesia yang terdiri dari 5 siswa siswi sekolah GenIUS (Nita, Valerie, Apsa, Milen, Marcia) 1 siswi SMA 17 Tangerang (Martha), 1 siswi SMA 23 Tangerang (Disha) dan 3 dari Lazuardi (Malano, Ayu, Radita).

Sebelum bertolak ke negeri Sakura dalam rangkaian kegiatan Sakura Science Program, kami harus mengikuti karantina dan pembekalan yang terdiri dari beberapa kelas, yakni kelas bahasa dan kelas budaya selama 4 kali. mengenai bahasa Jepang dan renewable energy. Program ini dimulai tanggal 19 agustus 2018 sampai 27 agustus 2018 (9 hari). Ini merupakan program pertama mereka dan kami merupakan pioner dimana nanti akan ditentukan apakah program ini berlanjut atau tidak.
Kegiatan program juga beragam, selama 5 hari di Ashikaga Prefecture, kami melakukan workshop renewable belajar kaligrafi Jepang, mengunjungi museum tekstil, kincir air, sekolah terlama di Jepang, teater Jepang, dan masih banyak lagi. Lalu 2 hari berikutnya kami diberikan kesempatan selama 2 hari 2 malam untuk menjalani homestay dengan warga asli Jepang di sekitar Ashikaga. Kami saling mengenal satu sama lain dan bertukar bahasa.
Saat home stay, kami juga disambut dengan home party bersama semuanya di kota Midori.Setelah itu kami diajak jalan-jalan dan membeli oleh-oleh di berbagai tempat. Setelah itu induk semang homestay mengantar kami ke Ashikaga University dan kami berpisah di sana dengan saling bertukar buah tangan, lalu kami melanjutkan perjalanan ke Tokyo, 2 hari terakhir kami jalan-jalan sekeliling Tokyo dengan mengunjungi museum Miraikan di Odaiba, mall di Odaiba, Shibuya Crossing dan Tokyo Tocho.
Bagi kami, perjalanan ini sangatlah menyenangkan, dan ini merupakan program terbaik yang pernah kami rasakan. Terima kasih kepada Ashikaga University, JST, Sekolah GenIUS dan SMA Lazuardi karena telah mendukung kami dalam program ini.(malano)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *