Apel awal pekan ajang bagi guru menjadi motivator

Oleh: Agus Purwanto (Kepala SMA Lazuardi)

Dua minggu sekali di setiap Senin diadakan kegiatan memberikan motivasi kepada para siswa dengan nama kegiatan Apel awal pekan. Apel awal pekan merupakan kegiatan rutin untuk memberikan berbagai pengetahuan untuk memotivasi para siswa. Nara sumber nya adalah para guru yang mendapat jadwal mengisi Apel awal pekan secara bergiliran. Guru-guru sudah diinform sebagai pengisi materi berikutwaktunya sejak awal tahun ajaran baru, sehingga mereka dapat mempersiapkan materi yang akan disampaikan di kegiatan Apel Awal Pekan dengan baik.

Sebelum menyampaikan materi apa yang akan diberikan di kegiatan Apel Awal Pekan, guru-guru bisasanya berkonsultasi terlebih dahulu kepada kepala sekolah untuk memutuskan topik yang sesuai dan cara penyampaiannya. Kepa sekolah biasanya memberikan masukan topik sesuai dengan situasi dan kondisi terkini yang sedang hangat atau yang sedang dibutuhkan oleh para siswa. Menyesuaikan topik yang terkini dimaksudkan agar ada keterikatan emosi antara materi yang disampaikan, guru yang menyampaikan dan siswa yang mendengar, sehingga harapannya adalah agar siswa bisa benar benar menyimak dengan baik paparan dari guru dan meresap ke dalam fikiran dan hatinya.

SOP (Standar Operasional Prosedur) kegiatan Apel awal pekan selalu diawali oleh bersama- sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan performance musik dari siswa. Guru memilih siswa secara bergantian untuk menunjukkan skill nya dalam bermain musik dan memberikan penampilan yang terbaik agar memunculkan decak kagum dari teman-temannya. Tepuk tangan yang bergemuruh dari teman-temannya memberikan semangat tersendiri bagi siswa untuk sebaik mungkin dalam bernyanyi.

Gurupun tidak mau kalah dengan siswa, mereka saling berlomba menampilkan materi presentasi yang terbaik dalam Apel awal pekan tersebut. Guru-guru memadukan antara materi presentasi, video yang terkait dengan materi tersebut dan juga canya menyampaikan materi tersebut. Indikator yang menandakan bahwa penampilan guru bagus atau tidak adalah siswa fokus memperhatikan presentasi guru dan terkadang dikombinasikan oleh tepuk tangan dan gelak tawa dari siswa. Guru-guru yang sudah memiliki banyak jam terbang dalam presentasi biasanya memperoleh respon yang sangat baik dari siswa sebagai indikasi bahwa presentasi yang disampaikannya sesuai dengan harapan para siswa. Selain memberikan tambahan pengetahuan, apel awal pekan juga menjadi ajang bagi para guru untuk meningkatkan kemampuan nya sebagai seorang motivator.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *