Apel Awal Pekan : Internet and communication skill

Saat ini kita sudah memasuki Revolusi Industri 4.0. Revolusi ini ditandai dengan berkembangnya teknologi dan internet yang begitu pesat. Hal ini ditandai dengan banyaknya pabrik-pabrik yang menggunakan mesin-mesin canggih, robot-robot pengganti tenaga manusia, dan berkembangnya internet.

Melihat perkembangan teknologi dan internet yang semakin pesat, tentu dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pihak-pihak yang jeli dalam melihat usaha yang memanfaatkan teknologi dan internet. Sebut saja perusahaan-perusahaan startup. Perusahaan startup sangat memanfaatkan teknologi dan internet.

Beberapa perusahaan startup yang terkenal di dunia antara lain uber, snapchat, dan pinterest. Sementara itu, Indonesia juga memiliki perusahaan startup yang cukup terkenal, yaitu gojek, tokopedia, dan traveloka.

Jika kita melihat perusahaan-perusahaan tersebut, mereka memiliki pola yang sama dalam pengembangannya. Pertama mereka jeli melihat peluang yang ada, kedua mereka memiliki inovasi untuk mengembangkan peluang tersebut. Ketiga, mereka menguasai teknologi dan internet dengan baik. Keempat mereka mempunyai kemampuan komunikasi yang baik dan menghasilkan sebuah kolaborasi yang baik.

Mengapa diperlukan kemampuan komukasi yang baik dalam mengembangkan sebuah startup? Kita ambil contoh perusahaan gojek. Pendiri gojek tidak memiliki jumlah motor yang banyak, tetapi sekarang dia memiliki ribuan driver ojek. Tentunya, pendiri gojek memiliki skills komunikasi yang baik hingga para driver tersebut percaya untuk dapat bergabung dengan gojek.

Berangkat dari hal tersebut, ada beberapa skills di abad 21 yg harus dimiliki, khususnya oleh para remaja sebagai generasi Z. Skills abad 21 yang harus dimiliki yaitu:

  1. Self Awareness
  2. Curiosity
  3. Empathy
  4. Communication Skills
  5. Information Literacy
  6. Collaboration
  7. Critical Thinking

Lalu, jika kita sudah memiliki skills komunikasi dan kemampuan digital yang baik, tetapi masih belum mampu mendirikan startup. Apa yg harus kita lakukan? Kita dapat memanfaatkan kemapuan itu dengan menjadi vlogger. Misalkan kita memiliki hobi jalan- jalan, kemudian didukung oleh skills komunikasi dan kemampuan digital yang baik, maka kita dapat memposting video tersebut di youtube dan mengahasilkan pendapatan jika sudah memiliki subsriber yang lumayan banyak.

Bahkan, sebelum startup dan youtuber atau vlogger terkenal, seorang warga Tiongkok sudah ada yg memanfaatkan internet untuk mengembangkan bisnisnya. Sebut saja Jack Ma. Dia ialah seorang warga Tiongkok yang berhasil menfaatkan internet untuk mengembangkan perusahaannya yaitu, Alibaba.com. Dari perusahaannya ini Jack termasuk dalam daftar orang terkaya di Tiongkok.

Jadi, dapat dikatakan, dengan memanfaatkan kemampuan digital dan skills komunikasi yang baik kita dapat menghasilkan penghasilan dan membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Dari sana kita dapat belajar, bahwa selain menjadi sukses kita juga harus bisa bermanfaat bagi orang lain. (Cahya & Shinta)

READ  Ketabahan (Grit) Dalam Mencapai Cita-Cita

admin

We are the IT Men of Laz

Leave a Reply

Close Menu