APEL AWAL PEKAN : WASPADA BENCANA!

APEL AWAL PEKAN : WASPADA BENCANA! – Pada hari Senin, 14 Januari 2019, Siswa/i SMA Lazuardi Global Compassionate School kembali mengadakan kegiatan Apel Awal Pekan di awal tahun minggu ke 3 di Bulan Januari tahun 2019.

Apel Awal Pekan kali ini diisi oleh salah satu Guru favorit para Siswa/i SMA Lazuardi Yaitu Bapak Yudi Alvian, S.Pd yang juga sebagai Guru mata pelajaran Geografi.

 Beliau mengisi materi bencana alam khususnya tentang sebab terjadinya bencana, cara mengevakuasi saat terjadi bencana, dampak bencana, dan lainnya. Beliau menjelaskan bahwa terdapat 2 sebab negara kita yaitu Indonesia menjadi Negara yang bencana alam. yaitu karena letak Geologis Indonesia yang berada di 3 lempeng yaitu lempeng Eurasia, Pasifik, dan Indo-Australia dan karena letak Hedromorfologi yaitu Indonesia terletak di garis khatulistiwa dan terletak di daerah yang beriklim tropis. Itulah mengapa Indonesia hanya memiliki 2 musim yaitu musim panas dan musim hujan.

Selain itu, Beliau juga menjelaskan beberapa cara untuk mengevakusai diri saat terjadinya bencana alam seperti Gempa, Tsunami, Gunung Meletus, Tanah Longsor, Banjir, Puting Beliung dan lainnya.

Beliau juga menjelaskan bahwa saat terjadi bencana alam contohnya seperti gempa bumi, kita harus segera berlindung di bawah meja guna menghindari benda berjatuhan di rumah atau gedung. Setelah itu, jangan panik dan ikuti instruksi dari pihak yang berwajib.

Penjelasan tadi merupakan salah satu contoh gambaran evakuasi saat terjadinya gempa bumi.

Setelah itu, Beliau menjelaskan bahwa menurut data dari BPBN, bencana alam dapat meningkat setiap tahunnya dan dari data statistik yang dimiliki oleh BPBN bahwa tingkat bencana alam yang paling tinggi salah satunya yaitu gempa bumi, banjir, dan tanah longsor.

Maka dari itu, BNPB menetapkan bahwa pada tanggal 26 April ditetapkan Sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang bertujuan untuk membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan, dan kesiapsiagaan masyarakat untuk menuju Indonesia tangguh akan Bencana Alam.

Dengan demikian, kita harus selalu siap siaga saat terjadinya bencana alam dan juga mengenal dampak dan kerugian akibat timbulnya bencana alam agar kita selalu meningkatkan kesadaran dan waspada akan datangnya Bencana Alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *