Bapak Bangga Pada Kamu

Oleh : Agus Purwanto ( Kepala Sekolah SMA Lazuardi)

Beberapa bulan lalu saya mendapat undangan workshop dari Direktorat PSMA Kemendikbud di Hotel Grand Tropic Jakarta Barat. Pembahasan dalam workshop itu adalah mengenai pembahadan video yang sudah dibuat oleh Pustekom bagi 5 sekolah di Indonesia. Salah satu sekolah yang ditunjuk adalah SMA Lazuardi dengan video mengenai ekstrakurikuler. Dalam pembahasan video tersebut dihadiri oleh Prof. Udin yang pembahasannya sangat tajam, pak Asyikin mantan Kepala Sekolah senior, para pengawas sekolah dan beberapa kepala sekolah.

Ke lima video yang sudah dibuat oleh Pustekom ditayangkan dan diulas dari berbagai sudut pandang, baik skenario, keluwesan siswa memainkan peran, dan juga peran guru guru dalam video tersebut. Alhamdulillah prof Udin memberikan penilaian tertinggi bagi video Ekstrakurikuler yang diperankan oleh siswa dan guru SMA Lazuardi.

Ternyata selain pembahasan video juga ada pemberian materi oleh Nara Sumber. Saya salah satu yang diminta berbicara oleh panitia untuk memaparkan kembali materi yang pernah saya paparkan di Hotel Harris Bandung. Sepertinya panitia merasa puas dengan apa yang pernah saya sampaikan di Bandung, sehingga saat di Hotel Grand Tropis mereka meminta saya memaparkan kembali agar dapat memberi inspirasi kepada pengawas dan Kepala Sekolah yang hadir pada saat itu.

Sebelum memulai, saya melihat pak Asyikin, mantan Kepala Sekolah senior dan hebat, beliau sudah sejak muda membantu Direktorat PSMA untuk memberikan gagasan gagasan terbaiknya. Beliau pun pernah menjadi guru saya saat bersekolah di SMA yang letaknya di pinggiran Jakarta Selatan. Sebagai penghormatan saya kepada beliau, saya memulai dengan memperkenalkan kepada audiens bahwa pak Asyikin adalah guru saya saat di SMA. Audiens surprise karena ternyata muridnya pak Asyikin, saat ini sudah menjadi Kepala Sekolah.

Saya kemudian memaparkan ulang best Practise pelaksanaan Pengembangan Pendidikan Karakter, Penerapan Literasi dan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Saya melihat audiens antusias melihat dan mendengarkan presentasi saya. Bahkan tanya jawab di akhir sesi berlangsung dengan cukup hangat dan antusias.

Di akhir sesi workshop, seperti biasa ada foto bersama seluruh peserta workshop. Saat foto tersebut, saya menyempatkan diri untuk berfoto dengan pak Asyikin yang pernah memberikan banyak pengetahuan pada saya saat di bangku SMA. Beliau berbisik kepada saya: “Bapak bangga pada Kamu. Kamu memimpin sekolah hebat yang banyak menorehkan prestasi”.

Alhamdulillah, ternyata keseriusan saya dalam bekerja tidak hanyak memberikan kebanggaan di lingkungan di tempat kita bekerja, tetapi juga memberikan kebangga kepada guru yang pernah memberikan pendidikan dan pengajaran kepada saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *