Forum Temu Wali Kelas sarana menuntaskan permasalahan di kelas

Oleh : Agus Purwanto

Dua Minggu sekali dalam sebulan di setiap senin pagi diadakan forum Temu Wali Kelas, yakni pertemuaan antara Wali Kelas dengan peserta didik yang menjadi binaannya. Forum tersebut sangat dinantikan oleh Wali Kelas sebagai moment bagi wali kelas untuk berkoordinasi dan memberikan motivasi pada murid agar bisa mengikuti proses belajar mengajar sebaik dan seoptimal mungkin untuk dapat meraih prestasi yang mereka harapkan. Bagi siswa, temu Wali Kelas juga merupakan moment yang ditunggu-tunggu karena menjadi forum curhat kepada Wali Kelas agar disampaikan kepada pihak-pihak yang terkait agar bisa segera melakukan perbaikan sesuai dengan yang diharapkan.

Temu Wali Kelas juga menjadi moment untuk mengakrabkan antara Wali kelas dengan para siswa yang dibinanya agar terjalin semangat yang sama untuk membuat suasana kelas lebih Compassionate (welas asih) dan condusive . Temu Wali Kelas juga menjadi moment yang baik untuk saling memahami antar peserta didik melalui koreksi diri yang dilakukan antar teman untuk perbaikan dirinya dan teman sekelasnya. Jika keakraban terjalin dengan baik, maka suasana belajar akan kondusif dan siswa dapat mengembangkan potensi dirinya lebih maksimal. Selain itu, keakraban dapat membangun komunikasi yang baik dan kolaborasi melalui kerja tim.

Sudah bukan menjadi rahasia insan pendidikan bahwa banyak sekali bermunculan permasalahan di kelas, mulai dari ketidakcocokan sikap antara Wali kelas atau guru dengan siswa, ketidaksesuaian sikap antar sesama siswa, bercanda yang berlebihan sehingga memunculkan pertengkaran, mengeluarkan celetukan yang justru memunculkan bullying terhadap teman sekelasnya. Permasalahan- permasalahan semacam itu jika tidak segera dituntaskan akan menjadi konflik berkepanjangan yang pada akhirnya menghambat proses pembelajaran. Forum temu Wali Kelas menjadi wadah bagi penuntasan berbagai permasalahan di kelas.

Berdasarkan pengalaman, kelas yang memiliki keakraban antara Wali kelas dengan murid binaannya,atau antara sesama murid di kelasnya, kelas tersebut biasanya menjadi lebih unggul dari kelas lainnya. Dalam pengumumamn Class of the month atau Class of the year, sudah bisa ditebak kelas mana saja yang akan meraih penghargaan tersebut. Oleh karena itu para Wali Kelas harus memanfaatkan forum temu Wali Kelas untuk menuntaskan berbagai macam permasalahan di kelasnya agar tercipta suasana kelas yang nyaman, aman, tentram dan terbebas dari gangguan agar seluruh peserta didik dapat mengoptimalkan potensinya dalam meraih prestasi.

Sekolah wajib membuat persyaratan khusus dalam memilih Wali kelas. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya adalah pengalaman atau jam terbang, kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi, berwawasan luas, problem solver, kemampuan memotivasi, kemampuan mendamaikan konflik. Wali kelas yang memiliki persyaratan di atas biasanya memberikan pengaruh yang sangat positif bagi perkembangan potensi di kelasnya. Jika sekolah menempatkan wali kelas secara serampangan, maka kelas tersebut akan terus menerus di dera konflik yang berkepanjangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *