Ghaisani Aulia goes to Singapore-Indonesia Students Leaders Adventure Camp (SISLAC) 2019

Ghaisani Aulia goes to Singapore-Indonesia Students Leaders Adventure Camp (SISLAC) 2019

Minggu lalu sejak tanggal 16-22 November 2019, salah satu siswa kami, Ghaisani Aulia, yang akrab disapa Lia (kelas XI Sosial), terpilih untuk mengikuti kegiatan seru, kolaborasi antara pelajar SMA Indonesia dan Singapura, yaitu Singapore-Indonesia Students Leaders Adventure Camp (SISLAC).

Di tahun ini, SISLAC diadakan di Yogyakarta, Jawa Tengah. Lim How Chuen Clement, Deputy Director Physical, Sports & Outdoor Education, Kementerian Pendidikan Republik Singapura, mengungkapkan bahwa SISLAC merupakan hasil nota kesepahaman antara Indonesia dan Singapura  Dalam kegiatan ini ada kolaborasi dalam banyak level, baik level sekolah, level staf, dan sebagainya,” demikian ungkapnya.

 Selama SISLAC, 90 peserta dari kedua negara mengikuti berbagai kegiatan kreativitas seperti kreasi janur, batik topeng dan berlatih menari caping. Selain itu  mereka juga mengikuti kegiatan arung jeram sepanjang 12 km di Sungai Elo dan mengunjungi salah satu candi Budha terbesar di dunia, yaitu Borobudur.

Ternyata, bukan tanpa makna berbagai kegiatan yang diikuti peserta SISLAC tersebut. Di balik setiap kegiatan, ada pembelajaran yang bisa dipetik. Bagi para peserta yang kritis, tentu bisa menangkap pelajaran yang menyertai setiap aktivitas yang diikutinya, untuk kemudian diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam melakukan berbagai aktivitas, para peserta dikelompokkan menjadi beberapa grup dan dinamika kelompok ini tentu saja sangat ditentukan oleh terbangunnya komunikasi di antara anggota kelompok.

Kegiatan SISLAC merupakan kesempatan yang sangat baik untuk menjalin persahabatan, membangun ikatan erat antara Indonesia dan Singapura, dengan saling mengenal budaya masing-masing. (Anggraini)

Sumber: https://psma.kemdikbud.go.id/index/news_detail.php?id=MTU2OA==

This slideshow requires JavaScript.

admin

We are the IT Men of Laz

Leave a Reply

Close Menu