Islam Cinta di Kalangan Remaja

Oleh: Dr. Haidar Bagir, M.A
Dirangkum oleh : Agus Purwanto

Siang tadi kedatangan orang yang sangat spesial untuk memberikan motivasi kepada siswa, guru dan karyawan. Beliau adalah Dirut Penerbitan Mizan dan juga Ketua Yayasan Lazuardi yaitu Bapak Dr. Haidar Bagir, M.A.

Saat beliau datang, saya menyambut beliau dan berbincang kecil mengenai segarnya udara di sekolah karena banyak sekali tanaman yang tumbuh di taman sekolah.

Performance musik dari Syifa (Gitar + Vocal), Fia (Biola + Vocal), Yasmin (Cahoon) mengawali kegiatan hari ini dengan menyanyikan lagunya Raisha, berjudul ibu.

Setelah performance musik selesai, sesi yang ditunggu tunggu adalah motivasi dari pak Haidar. Beliau mengawali pembicaraannya dengan berpesan agar kita mengutamakan terlebih dahulu karakter. Selain itu bekerja dan berprestasi lebih dari yang dituntut job description. Jika karakter baik dan kreativitasnya berkembang maka akan mudah mengantarkan kita pada kesuksesan.

Saat ini makin banyak perusahaan yang tidak mempersyaratkan ijazah calon karyawannya, perusahaan tersebut lebih melihat karakter calon karyawannya, contoh: Google, IBM, Bank of America, dll.
Sekolah di sekolah bagus adalah penting, namu bukan modal utama, yang paling penting adalah Moralitas & karakter.

Kita harus memelihara harga diri, respect pada sesama, tidak membullying, harus compassion, tidaka bicara kasar pada orang tua dan teman. Jangan bicara “ah” pada orang tua. Jangan keluar makian dari mulut walaupun bercanda karena makian makin memperkuat kekesalan dalam hati kita.
Ciri orang masuk surga adalah rasa kesal diambil dari hatinya.
Bercanda tidak dilarang, karena
Nabi Muhammad saw juga suka bercanda. Islam menghargai kemudaan. Di dalam syurga semua orang menjadi muda. Jadilaj anak muda yang bertanggung jawab, santun. Manfaatkan masa muda dengan baik.

Lazuardi anaknya fun, prestasi keren, tetap memelihara kesopanan, kesantunan, memikirkan orang lain yang mengalami kesusahan, tidak menjudge buruk orang lain, tidak
Menganggap bodoh orang tuanya.

Pak Haidar mennyampaikan bahwa dirinya pernah diterima di UGM dengan rangking tertinggi, pernah berkuliah di ITB, Harvard dan memperoleh Fullbright sebanyak 3 kali. Saat ini memiliki 120 ribu
Follower yang Setiap hari bertambah 100 follower.

Dalam sesi ini diselingi Games oleh pak Iswoyo. Games tersebut menunjukkan gambar anak kriting yang berbadan gemuk. Awalnya, para siswa diminta memberikan statemen negatif pada gambar tersebut sampai kertasnya terlipat mengecil. Kemudian, anak diminta memberikan statetmen positif pada gambar tersebut sampai gambarnya kembali utuh. Namun, setelah dilihat, gambar tersebut sudah tidak sehalus sebelumnya.
Filosophy nya adalah caci maki dapat membuat hati orang yang dibully menjadi kusut dan sulit untuk dirapihkan. Perlu waktu lama untuk merecovery hati yang terluka. Siapapun yang membuat sedih guru dan orang tua maka tidak akan hilang di hati mereka sakit hatinya.

Akhirnya sesi tersebut ditutup dengan bersama sama menyanyikan lagu berjudul “Shallow” yang dinyanyikan oleh Lady Gaga & Bratley Cooper.

Pesannya, kita yang suka pakai kata kata kasar, kadang kita merasa diri kita keren, padahal sebenarnya kita Shallow (cetek, dangkal), bahkan tidak punya prestasi. Jika Kita menjadi pemuda yang suka membantu orang lain, maka kita akan jadi pemuda yang deep. Makin memuliakan orang maka kita makin mulia, makin terlihat tinggi kualitasnya kita. Kalo kita merendahkan orang sebenarnya kita adalah orang rendah. Makin terlihat rendahnya kualitas kita. Jadilah remaja yang deep bukan remaja yang Shallow.

admin

We are the IT Men of Laz

Leave a Reply

Close Menu