Ketabahan (Grit) Dalam Mencapai Cita-Cita

Narasumber : Professor Terry Mart

Selasa tanggal 21 Januari 2020 ini, life skills di SMA Lazuardi menghadirkan seorang ahli fisika Indonesia yang namanya berkibar hingga ke dunia. Meskipun namanya sudah mendunia dan prestasinya juga tak terhitung jumlahnya, Alhamdulillah Prof Terry Mart berkenan untuk sharing kesuksesan hidupnya untuk anak-anak kelas X dan XI karena kebetulan putri beliau juga bersekolah di SMA Lazuardi.

Kalau kita cari nama Terry Mart Fisika di laman google, maka akan muncul dengan jelas dan lengkap sosok beliau termasuk deretan karya dan prestasinya. Pak Terry mengawali sharingnya dengan mengatakan, “Apakah orang berprestasi harus jenius?” , anak-anak sepakat menjawab tidak. Namun, kenyataannya walaupun menjadi berprestasi tidak harus jenius, tapi orang jenius biasanya pasti berprestasi.

Prof Terry Mart ternyata menyukai Matematika dan Fisika sejak kecil. Mengapa? Karena beliau menyukai tantangan. Ketika beliau sekolah dulu, teman-teman Prof Terry senang belajar dengan beliau. Selain itu guru matematikanya sering memberikan tantangan untuk menyelesaikan soal-soal sulit di depan kelas. Jika Prof Terry tidak bisa, maka nilainya akan dikurangi atau dia harus datang lebih pagi keesokan harinya di sekolah.
Tantangan-tantangan seperti itulah yang membuat beliau semakin mencintai Fisika. Menurutnya setiap orang akan mengalami lompatan 2 kali lebih jauh jika diberi tantangan.

Jika kita mendapat tantangan, maka kita akan melompat 2x lebih jauh dari pada yang tidak mendapat tantangan. Selain itu kita juga harus punya ide untuk menyelesaikan masalah di lingkungan kita.
Ketika SMA Prof Terry Mart sudah diterima di Fisika UI walaupun belum menempuh ujian. Padahal beliau juga ingin sekali kuliah Elektro di ITB. Hatinya yang galau memilih antara UI dan ITB diyakinkan oleh orangtuanya untuk mencoba dulu di UI, jika tak suka boleh pindah di tahun berikutnya.

READ  Pelantikan Palang Merah Remaja Unit SMA Lazuardi GCS

Ternyata tidak perlu menunggu hingga 1 tahun, hanya 6 bulan berkuliah di Fisika UI sudah membuatnya jatuh cinta dan memutuskan untuk tetap berkuliah di UI. Pembelajaran Fisika di Universitas menurutnya sangat berbeda dengan di SMA, dan fisika dapat menjawab pertanyaan hakiki mengenai alam semesta. Tahun 2009 Prof Terry Mart malah mendapat penghargaan tertinggi ITB untuk ilmuwan Indonesia. Penghargaan yang belum tentu bisa beliau dapatkan kalau dulu memilih berkuliah di ITB.

Selain pengalaman Prof Terry Mart hingga menggapai kesuksesan, beliau juga memaparkan orang-orang sukses di dunia, salah satunya Steve Jobs. Mengapa Steve Jobs sangat spesial, karena beliau sukses membesarkan perusahaan Apple, namun ternyata dipecat dari perusahaannya. Di tengah keterpurukannya ini, Steve bangkit lagi dan membuat sebuah perusahaan pembuat film kartun digital yang diberi nama Pixar dan akhirnya meraih box office. Akhirnya Steve Jobs pun ditarik kembali ke perusahaan lamanya, dan beliau meluncurkan produk Iphone, Ipad, dan lain-lain yang booming juga.

Berangkat dari kisah Steve Jobs, beliau tidak menyerah ketika dia mengalami ujian dipecat dari perusahaannya. Selain itu Steve Jobs juga melakukan sesuatu pekerjaan yang beliau suka.
Karena itu pesan Prof Terry, untuk menjadi sukses, kita harus mengerjakan sesuatu yang kita sukai. Sinkronkan minat dan bakat kita, jadikanlah belajar sebagai hobi, karena sesuai dengan hukum kekekalan energi, bahwa kita tidak akan pintar jika tidak belajar.

Menurut Penelitian yang dilakukan oleh psikolog Amerika, pada umumnya kesuksesan bukan karena IQ yang tinggi, tetapi mereka yang ketabahan dan ketahanan mentalnya tinggi. Tidak ada orang yang bodoh. Yang ada adalah orang yang salah jurusan.

Jadi, . Mulailah dari hal yang kecil, mulailah dari sekarang, dan mulailah dari diri sendiri, karena yang memutuskan masa depan kita adalah kita sendiri. Tidak ada cara lain selain bekerja keras.
Jangan menyesali keadaanmu saat ini, bersyukur dan bersabarlah, karena 10 tahun mendatang kita baru menyadari hikmah mengapa Allah menempatkan kita di posisi ini, saat ini.
Success always comes with “U” (Anggraini)

admin

We are the IT Men of Laz

Leave a Reply

Close Menu