KEUTAMAAN SHALAT DHUHA

KEUTAMAAN SHALAT DHUHA

Pagi ini di SMA Lazuardi ada kegiatan Sholat Dhuha dan tahlil bersama di masjid sekolah. Kegiatan ini akan diadakan rutin dua minggu sekali. Selain dhuha dan tahlil, ada juga kultum yang disampaikan oleh Pak Hafiz Alvian, guru matematika kami. Apa isi kultumnya? Mohon di simak ya..

keutamaan shalat dhuha. dilakukan oleh sahabat Abu Dzar Radhiyallahu ‘Anhu dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bahwasanya beliau bersabda:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ ، فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ ، وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ ، وَنَهْيٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ ، وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

“Setiap pagi wajib bagi setiap anak Adam untuk bersedekah atas setiap persendian yang ada di tubuhnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap ajakan kepada kebaikan adalah sedekah, melarang dari kemungkaran adalah sedekah, dan cukup untuk semua sedekah-sedekah tersebut yaitu dua rakaat yang dilakukan ketika shalat dhuha.” (HR. Muslim)

Setiap pagi ada persendian-persendian yang wajib disedekahkan

Sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam “Setiap pagi ada persendian-persendian yang wajib disedekahkan atau wajib seorang muslim untuk bersedekah atas kesyukuran dari nikmat persendian tersebut.”

Ketika engkau bangun pagi, ingatlah nikmat-nikmat Allah kepadamu atas nikmat persendian-persendian yang bergerak di badan Anda semuanya. Karena seandainya bukan nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala yang menggerakkan tulang-tulang tersebut, maka tidak mungkin Anda bisa bangun dari kasur Anda. Dan kita bisa saksikan orang-orang yang sakit, mereka semua tidak bisa untuk bangun karena persendiannya tidak mampu untuk bergerak.

READ  LazNews Januari 2019

Maka persendian-persendian yang bergerak di badan kita jumlahnya ada 360 persendian. Dan setiap persendian tersebut punya tugas dan gerakan sendiri-sendiri. Dan ini adalah nikmat yang sangat besar dari Allah Subhanahu wa Ta’ala yang wajib untuk kita syukuri setiap pagi

Dan ini adalah empat kalimat yang paling dicintai oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagaimana dalam hadits yang shahih Nabi Sallallahu ‘Alaihi was Sallam bersabda:

أَحَبُّ الْكَلَامِ إِلَى اللَّهِ أَرْبَعٌ سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ لَا يَضُرُّكَ بِأَيِّهِنَّ بَدَأْتَ

“Empat perkataan yang paling dicintai oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala; 1) Subhanallah, 2) Al Hamdulillah, 3) Laa ilaaha illallah, 4) Allahu Akbar. Tidak mengapa dengan kalimat apapun engkau memulainya.” (HR. Muslim 2137)

keutamaan shalat dhuha yaitu:

  1. Shakat Dhuha sebagai pengganti sedekah
  2. Pahala shalat dhuha setara orang yang pergi haji atau umrah

“Barang siapa yang mengerjakan shalat fajar (shubuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna..” (Shahih al-Jami`: 6346).

  1. Dosa selama satu hari diampuni

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi yang berbunyi:

” Siapapun yang melaksanakan shalat dhuha dengan langgeng, maka akan di ampuni dosa-dosanya oleh Allah. Sekalipun itu seperti buih di lautan.” [HR-Tirmidzi]

  1. Apabila Melaksanakan shalat dhuha 4 rakaat maka kebutuhan kita sepanjang hari akan terpenuhi

يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تُعْجِزْنِى مِنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ فِى أَوَّلِ نَهَارِكَ أَكْفِكَ آخِرَهُ

Allah SWT berfirman, “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad)

  1. Dengan shalat dhuha maka kita menjadi bagian orang yang taat kepada Allah
READ  Lulus Bisa, Survive Belum Tentu!

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah yang berbunyi:

“Kekasihku (Muhammad) mewasiatkan kepadaku tiga perkara yang aku tidak meninggalkannya: agar aku tidak tidur kecuali setelah melakukan shalat witir, agar aku tidak meninggalkan dua rakaat shalat Dhuha karena ia adalah shalat awwabin serta agar aku berpuasa tiga hari setiap bulan” (HR. Ibnu Khuzaimah) (Hafiz Alvian)

This slideshow requires JavaScript.

admin

We are the IT Men of Laz

Leave a Reply

Close Menu