Lazuardi Namanya Harum

Oleh: Agus Purwanto (Kepala Sekolah SMA Lazuardi)

Beberapa Minggu lalu saya dihubungi via What’s App oleh salah seorang Wakil Kepala Sekolah Negeri ternama di daerah Bekasi menanyakan siapa di sekolah Bapak yang mengisi materi Pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Math), saya menjawab bahwa yang mengisi materi Pembelajaran STEM di sekolah saya adalah saya sendiri. Bapak tersebut merasa lega dan nampak gembira dari kalimat di WA nya dan meminta saya untuk menjadi Nara Sumber Pembelajaran berbasis STEM di sekolahnya. Saya menerima tawaran tersebut dan menyepakati hari pelaksanaan In House Training di sekolah tersebut.

Di hari yang sudah di tentukan, saya berangkat pagi pagi sekali agar terhindar dari kemacetan lalu lintas. Alhamdulillah, melalui jalan tol Ciganjur, dilanjutkan melalui Jalan tol Jati Asih kemudian keluar ke Daerah Bintara Bekasi, melewati Cakung yang pada akhirnya sampai di sekolah tersebut 1 jam sebelum acara dimulai.

Kemudia saya mencari sarapan di dekat sekolah tersebut. Setelah sarapan, saya langsung menuju sekolah tersebut.
Sesampainya di sekolah, disambut dengan baik oleh WakaKur, dan mempersilahkan saya menuju ruang tamu.

Tidak berapa lama, datanglah seorang ibu separuh baya menghampiri saya dan bersalaman serta menyampaikan rasa terima kasih karena saya sudah bersedia menjadi Nara sumber di sekolahnya.

Ternyata wanita tersebut adalah ibu Kepala Sekolah. Sepertinya Beliau sudah sangat mengenal Lazuardi dan mengatakan bahwa Lazuardi sangat harum namanya dengan berbagai macam prestasi yang sudah diraih. Usut punya usut, beliau juga tergabung dalam grup Inspirasi Pendidikan yang terus memantau progres prestasi yang diraih oleh setiap sekolah.

Kemudian beliau mengajak saya menuju ruang Kepala Sekolah dan mengajak berbincang bincang, sambil berulang kali pesan ke Wakasek agar banyak belajar dari Lazuardi. Saya merespon harapannya, dengan mengatakan, Lazuardi selalu siap berbagi untuk kemajuan pendidikan Indonesia.

Selang beberapa menit, beliau pamit sebentar karena harus menemui pengawas sekolah dan akan membuka kegiatan Sosialisasi Program SMA Zonasi bersama pengawas sekolah.

Saya akhirnya berbincang mengenai pendidikan bersama Wakakur sambil menulis CV yang akan dibacakan ke peserta In House Training.

Beberapa menit kemudian, Bu Kepala Sekolah bersama pengawas sekolah masuk ke ruang kepala sekolah. Bu Kepala sekolah memperkenalkan saya ke pengawas. Seperti nya Bu Kepala Sekolah sudah memberikan informasi mengenai saya dan Lazuardi di pembukaan In House Training tersebut.

Bapak Pengawas Sekolah kemudian menyalami saya sambil menyampaikan harapannya agar Lazuardi bisa menularkan prestasi prestasinya pada sekolah tersebut. Seperti biasa, saya menyambut baik dan siap berbagi.

Kemudian tibalah saatnya saya memberikan Materi:
Jam 10.00-12.00: Teori mengenai Pembelajaran berbasis STEM.
Jam 13.30-15.30:Pembuatan RPP berdasarkan STEM.

Alhamdulillah, para peserta In House Training antusias dengan berbagai macam pertanyaan pertanyaan yang diajukan ke saya. Suasana di In House Training juga penuh kekeluargaan karena ada canda dan tawa dari peserta.

Singkat nya, In House Training selesai jam 15.30, kemudian diakhiri dengan penutupan dari Kepala Sekolah. Dalam sambutan di penutupan itu, Kepala sekolah kembali menyampaikan bahwa Lazuardi namanya sangat harum karena banyak menorehkan prestasi, bahkan beliau menyampaikan di Bulan Juni Lazuardi baru saja memperoleh Medali Perak di kegiatan OKSEF di Izmir, Turki.
Terakhir, beliau berencana akan melakukan studi banding di SMA Lazuardi.

Saya meninggalkan sekolah diantar di depan pintu gerbang oleh Wakasek dan beberapa guru, tidak bisa dibayangkan suasanan hati ini penuh dengan kebahagiaan.
Trima kasih Ya Allah atas nikamat yang telah Engkau berikan kepada Lazuardi.

admin

We are the IT Men of Laz

Leave a Reply

Close Menu