Life Skills, Selasa, 12 Februari 2020

Life Skills, Selasa, 12 Februari 2020

Pada hari Selasa lalu, acara lifeskills yang diselenggarakan oleh kelas X Sosial mengundang Bapak Yodhia Antariksa, seorang konsultan manajemen dan trainer dalam pengembangan SDM. Beliau merupakan lulusan S1 jurusan Manajemen, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta dan meraih gelar master of HR management dari Texas A7M University (USA) atas beasiswa dari Fulbright, dan menyelesaikan pendidikan eksekutif pada Wharton Business School, University of Pennsylvania.

Dalam kesempatan lifeskills tersebut, Bapak Yodhia menyampaikan pesan-pesannya pada Generasi Digital saat ini, dimana anak muda sekarang sudah sangat ketergantungan terhadap ponselnya. Beliau menyampaikan beberapa dampak buruk ketergantungan pada ponsel di antaranya, merampas waktu produktif meskipun tanpa disadari, membuat attention span semakin pendek serta membuat sulit fokus dan sulit membangun deep concentration.

Dengan begitu, beliau memberikan saran untuk melakukan Digital Detox dengan cara menjauhi Digital Distraction, bisa dilakukan dnegan menetapkan jam-jam tertentu di mana ponsel harus dimatikan dan jauh dari jangkauan mata dan tangan. Yang kedua bisa dilakukan dengan cara Uninstall, Unfollow dan Leave aplikasi, akun dan grup yang memberikan pengaruh negatif. Dan yang terakhir, bisa dilakukan dengan menjalani hobi otentik yang dapat membuat lupa dengan ponsel seperti bersepeda, membaca buku, bermain musik dan sebagainya.

Namun begitu, beliau tetap setuju dengan penggunaan ponsel yang lebih bermanfaat, dan mengembangkan beberapa skills yang perlu dimiliki seperti skills untuk menjadi Netizen yang beradab dan sopan, skills menggunakan ponsel untuk melakukan self learning dan skills untuk memanfaatkan ponsel demi mencari income. (indah Sukmawardhini)

READ  LazNews Februari 2018

admin

We are the IT Men of Laz

Leave a Reply

Close Menu