Mendisiplinkan Anak Dengan Cinta

Mendisiplinkan Anak Dengan Cinta

“Rasulullah adalah manusia dengan hati yang sangat lembut, ketika beliau datang kerumah sahabatnya pasti Rasul mencari anak kecil di rumah sehabatnya dan apa yg dilakukan adalah menggendong anak itu. Tatkala dikencingi Rasul hanya tersenyum dan meminta kepada ayahnya untuk tidak memarahinya”

Mendisiplinkan anak dengan cinta.  Begitulah judul ceramah pak haidar yang sangat menginspirasi ini. Dimulai dengan pembahasan bagaimana mendidik anak,  Pak Haidar menjelaskan banyak hal yang dilakukan Rasul dalam mendidik anak cucunya dan bahkan warga sekitar.  Tidak melulu soal penyebaran agama Islam tetapi banyak sekali hal yang indah yang  patut diceritakan dari Beliau. Seperti ketika Rasul shalat saat bersujud salah satu cucunya duduk dan bermain di punggung beliau, Rasul hanya menunggu dengan sabar hingga cucunya menjauh dari punggungnya.

Pak haidar menjekaskan tentang  “Golden me”  yaitu cara mendidik anak yang  tidak terlalu lembut (firm) dan tidak terlalu keras dan itu yg disebut dengan positif disiplin. Positif Disiplin adalah salah satu cara dalam mendidik dengan cinta terutama  terhadap anak kita, tentu tidak mudah tapi layak dicoba.

 Allah menunjukkan rasa cintanya kepada hamb-Nya seperti kata yang ada  dalam AL Quran, yaitu #Ar Rahman# dan #Ar Rahim#

Ar Rahman yg bersifat cintaNya secara Universal dan Ar Rahim yg bersifat  individual.

Cintanya Allah kepada hambanya  bisa  diberikan dalam bentuk peringatan, penjelasan, dan bahkan hukuman.

Cinta bukanlah berarti tidak ada hukuman tetapi hukuman sendiri untuk manusia bukanlah suatu kekejaman bahkan Allah menciptakan neraka dan azab dalam siksa bukanlah untuk membalas dendam tetapi sebagai cinta  kepada hamba-Nya.

(Oleh: Haidar bagir)

admin

We are the IT Men of Laz

Leave a Reply

Close Menu