Menjadi Remaja Yang Islami

Menjadi Remaja Yang Islami

Di SMA Lazuardi diadakan kegiatan yang khusus hanya diperuntukan untuk laki-laki saja atau perempuan saja, karena ada hal-hal yang hanya boleh diketahui oleh laki-laki saja atau perempuan saja, kegiatan tersebut dinamakan Boy’s Talk and Girl’s Talk. Untuk Boys Talk kali ini, saya ditugasi untuk menjadi nara sumber bagi siswa kelas X dengan Tema ‘Menjadi Remaja yang Islami’. Sedangkan untuk Girll’sTalk kls X dibimbing eh Bu Alwiyah .

Siswa diminta duduk membentuk lingkaran agar diskusinya lebih akrab dan seluruh siswa terlibat dalam memberikan gagasannya. Berikut beberapa hasil diskusi dengan siswa agar menjadi Remaja yang Islami :

Memiliki aqidah yang bersih agar memiliki ikatan yang kuat kepada Allah SWT.

Beribadah yang benar yang merujuk kepada sunnah Rasul sallallahu ’alaihi wasallam. Sholat tepat pada waktunya dan tidak menunda-nunda. Beribadah dengan khusyuk, tidak memikirkan apapun kecuali Allah SWT. Menjalankannya dengan niat yang tulus semata-mata karena Allah SWT, tidak ada rasa riya atau ingin dipuji orang lain.

Akhlak yang terpuji dalam hubungannya kepada Allah maupun dengan makhluk- makhluk-Nya. Menjaga sopan santun terhadap orang yang lebih tua. Menghormati orang yang lebih tua.

Sehat jasmani agar memiliki daya tahan tubuh sehingga dapat melaksanakan ajaran Islam secara optimal dengan fisiknya yang kuat. Melakukan Olah Raga yang teratur.

Cerdas agar mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Aktif dalam berorganisasi agar memiliki kemampuan berbicara dan menyelesaikan masalah. Meningkatkan skill. Banyak membaca agar berpengetahuan luas.

Berjuang mengendalikan hawa nafsu agar terpelihara kecenderungan pada yang baik.  Menjaga pandangan saat bertemu/ berbicara dengan lawan jenis.

Di ruangan yang lain, bu Alwiyah sedang mengajak anak2 putri brainstorming sambil memberikan arahan tentang apa saja yang harus diupayakan untuk menjadi remaja muslimah.

READ  LazNews November 2018

Laki-laki dan wanita kodratnya adalah tertarik pada lawan jenisnya. Lalu kemana arahnya? Arahnya adalah menuju pembentukan keluarga.  Setelah berkeluarga pastilah Seorang wanita berharap untuk menjadi Seorang ibu yang dikaruniai anak-anak.. Karena itu mulai dari usia akil baligh ( akil=berakal, baligh = menjadi baligh / dewasa) Seorang wanita harus punya tujuan dan mulai merintis jalan untuk mencapai tujuan tersebut. Kehidupan remaja putri disadari atau tidak memang berjalan menuju ke arah rumah tangga… Maka jadilah Ibu rumah tangga yang baik, cerdas, berwawasan luas, terus belajar dan tangguh menghadapi hidup.

Kegiatan BoysTalk kelas X ditutup dengan foto-foto Dan membuat Video dengan topik: Menjadi Remaja yang Islami. Dan diakhiri dengan tepuk tangan yang meriah dari seluruh siswa kelas X.

Oleh : Agus Purwanto (Kepala SMA Lazuardi)

admin

We are the IT Men of Laz

Leave a Reply

Close Menu