Parent-Student Sharing Session, Career Clinic, 2019

Parent-Student Sharing Session, Career Clinic, 2019

Hari Sabtu kemarin, tanggal 26 Oktober 2019, Pembagian rapor tengah semester ganjil kelas XII dibarengi dengan kegiatan penting, yaitu Parent-Student Sharing Session., Career Clinic, 2019. Program ini termasuk salah satu program unggulan sekolah, dimana sebelum dilakukannya diskusi, anak-anak kelas XII telah mengikuti tes karir terlebih dahulu 1 bulan sebelumnya. Career Clinic adalah Program yang terdiri atas rangkaian aktivitas penguatan minat dan bakat siswa-siswi SMA kearah pemilihan jurusan serta rencana pendidikan dan pembimbingan lanjutan menuju karir kini dan masa datang.   

Nah di Sabtu lalu, kami mengumpulkan anak-anak kelas XII beserta para orangtuanya untuk membedah hasil tes karir masing-masing anak dengan menghadirkan Ibu Vierra Adella sebagai psikolog yang memotret hasil tes karir anak-anak.

Dalam paparannya, bu Della menjelaskan mengapa perlu diadakan Career Clinic,  yaitu karena tidak semua siswa menemukenali hubungan antara tujuan bersekolah, aktivitas ekstra-sekolah, bakat, minat, dan kebutuhan berkarir di lingkungannya.

Beberapa poin penting yang bu Della sampaikan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Jika kamu ingin sesuatu, maka kamu harus tahu segala hal yang kita inginkan
  2. Sumber info pemilihan karir bisa dilihat dari internet, TV, edu fair, teman-teman, interaksi langsung, orangtua, dan lain-lain
  3. Jangan memilih karir semata-mata karena uang, namun ciptakan nilai dari setiap profesi yang kita pilih
  4. Tidak ada pilihan yang instan, semuanya butuh waktu dan usaha
  5. Tetapkan Jurusan yang diinginkan à jika sudah mantap tapi kurang beruntung di SBMPTN, cari PTS dengan akreditasi A
  6. Bagi siswa yang suka praktik langsung, pertimbangkanlah Pendidikan Terapan (Politeknik atau Jurusan Vokasi di Universitas tertentu)
  7. Jika ingin tetap mencoba à Gap Year bisa jadi pertimbangan

Pada akhirnya, apapun jurusan dan profesi yang ananda pilih nanti, hendaklah berdasarkan hati nurani sendiri, tanpa paksaan dari pihak manapun. Selamat merencanakan masa depanmu Nak, wish you all the best! (Anggraini)

admin

We are the IT Men of Laz

Leave a Reply

Close Menu