Rapat Pimpinan sebagai media koordinasi

Rapat Pimpinan sebagai media koordinasi

Oleh : Agus Purwanto (Kepala SMA Lazuardi)

Setiap hari Senin pagi diadakan Rapat Koordinasi antara Direktur Sekolah, Kepala Sekolah, Manajer Usaha, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan dan Waka Pelayanan Khusus dalam kegiatan Rapat pimpinan (Rapim). Pelaksanaan Rapim memakan waktu kurang lebih 4 jam karena banyak agenda yang harus dibahas. Agenda Rapim mencakup permasalahan- permasalahan terkait kurikulum, kesiswaan, dan permasalahan manajemen, selain itu juga membahas progres- progres kegiatan yang akan diselesaikan dalam beberapa minggu dan bahkan beberapa bulan ke depan.

Rapat pimpinan selalu berlangsung dengan keceriaan dan kekeluargaan karena diselingi oleh cerita-cerita dan kalimat-kalimat yang jenaka serta seluruh peserta rapat bebas memberikan gagasan-gagasan dan argumentasi dalam suasana yang demokratis dan menyenangkan. Gagasan-gagasan yang baik akan diterima oleh seluruh peserta rapat dan menjadi keputusan bersama. Argumentasi- argumentasipun selalu disampaikan dengan bahasa yang santun dan tidak ada satupun yang merendahkan setiap gagasan mampun argumentasi peserta rapat, sehingga seluruh peserta rapat berlomba-lomba menyampaikan gagasan dan argumentasinya tanpa sedikitpun menyisakan rasa takut dalam benaknya. Seluruh peserta rapat sudah sangat mengetahui dan meyakini karakter baik dan perilaku santun dari peserta rapat dalam menerima gagasan dan argumentasinya.

Setiap permasalahan dibahas tuntas di Rapat pimpinan dan notulen rapatnya dikirim ke email masing masing peserta rapat agar bisa dibaca sebagai bahan pengingat dan juga sebagai dasar untuk memfollow up hasil keputusan rapat. Beberapa keputusan rapat yang sangat mendesak akan disampaikan di kegiatan koordinasi doa pagi dan diulangi lagi dalam rapat guru di setiap hari Rabu. Tujuannya, agar seluruh guru dan karyawan mengetahui agenda- agenda yang harus dilaksanakan dan dituntaskan dalam kegiatan hari ini dan beberapa hari ke depan.

Alhamdulillah keseluruhan agenda rapat dapat dilaksanakan dengan baik melalui koordinasi yang dilaksanakan secara berlapis. Seluruh guru dan karyawan terus menerus diinformasikan mengenai agenda yang akan dilaksanakan dan dituntaskan dalam beberapa hari ke depan. Tujuannya, agar seluruh guru dan karyawan terus diingatkan mengenai agenda ke depan yang harus mereka laksanakan dan diselesaikan. Bahkan rencana kehadiran tamu ke sekolah sudah diketahui beberapa hari sebelumnya oleh seluruh guru, karyawan dan sekuriti melalui koordinasi doa pagi sehingga kehadiran tamu disambut dan dilayani sebaik mungkin.

Dari paparan di atas, jelas sekali manfaat dari kegiatan Rapat Pimpinan sebagai media koordinasi yang baik untuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan dan mensukseskan berbagai program yang akan dilaksanakan oleh sekolah.

admin

We are the IT Men of Laz

Leave a Reply

Close Menu