Seminar & Launching buku karya Haidar Bagir (Ketua Yayasan Lazuardi) : “Memulihkan Sekolah, Memulihkan Manusia”

Seminar & Launching buku karya Haidar Bagir (Ketua Yayasan Lazuardi) : “Memulihkan Sekolah, Memulihkan Manusia”

Dirangkum oleh: Agus Purwanto (Kepala SMA Lazuardi)

Hari Sabtu, 28 September 2019 diadakan seminar Pendidikan di Gedung A kantor Kemdikbud, Senayan. Seminar tersebut diawali dengan penampilan orkestra Lazuardi yang merupakan gabungan dari siswa-siswi SD, SMP, SMA Lazuardi yang dipimpin oleh pak Cepe (Pelatih Orchestra SD, SMP Lazuardi). Setelah itu dilanjutkan dengan testimoni dari dua siswi SMP dan dua SMA Lazuardi mengenai pengalaman mereka bersekolah di Lazuardi dan harapan-harapan mereka mengenai sistem persekolahan yang mereka impikan.

Najelaa Shihab sebagai pembicara pertama menyampaikan tentang “Empat Kunci Pengembangan Guru” yaitu, guru harus merdeka, guru harus memiliki kompetensi, guru harus berkolaborasi, dan guru harus bisa mengembangkan karir. Beliau menyampaikan bahwa guru merupakan kunci di balik beroperasinya suatu sekolah. Guru harus memiliki komitmen pada tujuan pendidikan, yaitu untuk hidup dan memuliakan manusia sejati.

Dr. Haidar Bagir sebagai pembicara kedua mengawali ceramahnya dengan menyampaikan bahwa kemerdekaan wajib dimiliki oleh setiap guru. Tujuan pendidikan adalah melahirkan warga yang baik dan memberi alternatif pada sekolah untuk mendidik siswa sesuai passionnya. Sekolah harus menjadi tempat yang fun. Anak-anak akan betah berada di sekolah jika merasa nyaman.

Jika sistem pendidikan tidak diubah maka anak anak akan dijajah oleh Artificial Intelligence (AI) karena sekolah tidak mengembangkan unsur kemanusiaan yang luhur. Karena itu sekolah harus mengajarkan siswa untuk meraih kebahagiaan, kebahagiaan untuk diri sendiri dan juga bagi orang lain.

admin

We are the IT Men of Laz

Leave a Reply

Close Menu