Teater di Acara End of Term Festival Lazuardi

Teater merupakan ujian praktik dari Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Kegiatan ini juga sebagai wadah untuk melihat dan mengembangkan potensi yang ada pada setiap siswa. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi sarana menumbuhkan rasa kecintaan generasi muda terhadap sastra. Karena sastra merupakan sebuah karya indah yang setiap orang bisa membuat dan menikmatinya dengan caranya sendiri.

Di kegiatan ini, siswa harus berperan aktif terhadap berjalannya pementasan dari awal hingga akhir.

Karena dalam teater tidak melulu aktor atau aktris yang menjadi pusat keberhasilan, di balik itu ada tim produksi yang turut menyukseskan segala kebutuhan layar panggung.

Para aktor dan aktris dibimbing oleh sutradara untuk mendapatkan pengarahan bermain di layar panggung sedangkan pimpinan produksi (pimpro) memimpin tim produksi seperti tim perlengkapan, tata busana, tata rias, tata musik, dsb.

Koordinasi yang dilakukan pun harus sesuai struktur yang ada. Jadi, segala sesuatu harus dilaporkan kepada masing-masing pemimpin yaitu sutradara dan pimpro. Mereka berdua lah yang akan sering berkomunikasi dan saling memenuhi kebutuhan yang dibutuhkan untuk pementasannya.

Tema yang diusung dalam pagelaran ini yaitu “Festival” dengan tema tersebut, siswa berdiskusi kepada teman-teman satu kelas untuk menentukan cerita yang akan dilakonkan untuk drama. Hasil diskusi tersebut melahirkan 3 cerita dari masing-masing kelas, yaitu:

1. Festival Hari Kematian dengan sutradara Rayhan Malano dan Pimpinan Produksi (pimpro) Sukainah

2. Aladdin dengan sutradara Aliyya dan pimpro Nisa

3. Holi dengan sutradara Darlene G. dan pimpro Raina.

Pagelaran diadakan pada hari Kamis, 28 Februari 2019 dan bertempat di Aula SMA Lazuardi GCS

Dengan kegiatan ini diharapkan siswa dapat saling menjalin kerja sama dan mempertanggungjawabkan tugas yang diembannya.

“Dengan teater kau akan tau kefanaan hidup dan dengan teater pula kau bebas berperan menjadi siapapun..”

By : Labiibah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *