THAILAND TRIP

It is not about the destination where you end up going, but the mishaps and memories you create along the way.

14 Januari lalu, rombongan SMA Lazuardi GCS bersama sekolah lain dari berbagai daerah di Indonesia berangkat bersama menuju Thailand untuk berkompetisi dalam berbagai bidang, mulai dari research hingga speech competition. Thailand yang kami kunjungi bukanlah Thailand yang mungkin ada dibayangan anda: makanan aneh serta keragaman budaya Buddha, karena destinasi kami bukan ke Bangkok. Melainkan Patthalung dan Satun, dua provinsi yang berada di Thailand selatan dekat dengan perbatasan Malaysia. Tidak ada ekspektasi apa-apa mengenai destinasi yang akan kami kunjungi, karena kami jarang mendengar mengenai dua provinsi tersebut. Tetapi ternyata, trip kali ini memiliki kesan dan kenangan menyenangkan tersendiri.

Event lomba yang pertama kami hadiri adalah Patthalung International Science Fair. Peserta lombanya pun datang dari berbagai negara ASEAN, mulai dari Thailand sendiri hingga Vietnam. Syifa (XI MS), Syahra (X MS), serta Muhsin (X SOC 1) sebagai perwakilan dari SMA Lazuardi GCS ikut serta dalam ajang ini dan mempresentasikan karya research nya yang berjudul:

Hydram Pump Design and the Analysis of the Effect of the Output Diameter Variation to the Efficiency of the Pump.

Setelah event pertama selesai, kami mengunjungi sebuah Learning Centre di Patthalung. Di sana, banyak bangunan kecil dengan desain yang menunjukkan budaya Thailand. Selain itu, kami juga turut mendengarkan lantunan musik live tradisional Thailand. Lalu, kami kembali ke hotel untuk beristirahat karena esok hari kami pergi ke provinsi Satun untuk berkompetisi lagi. Kami menempuh perjalanan dengan waktu ±2 jam dengan bus, dan akhirnya sampai di Princess Chulabhorn College, Satun, Thailand. Karena kompetisinya baru mulai besok, maka hari itu kami gunakan untuk refreshing dengan rafting dan canoeing! Walaupun arus sungai tidak sederas seperti di Sukabumi, Indonesia, tetapi kegiatan ini tetap menjadi momen paling favorit karena di sini kami bonding dan saling mengenal dengan rombongan Indonesia lainnya. Ini yang menjadi alasan kenapa saya pribadi suka ikut acara lomba seperti ini, karena bisa punya teman baru dan networking!

Esok hari, kami berjuang lagi. Saya, Darlene (XII SOC 1) mengikuti lomba speech, Ali Akbar (XII MS) lomba matematika, Abrar (XI MS) lomba science, Syahra (X MS) lomba English Proficiency Test serta Science Research bersama Muhsin (X SOC 1) dan Syifa (XI MS) yang juga ikut lomba science. Alhamdulillah, kami membawa medali emas untuk lomba speech dan matematika, medali silver untuk English Proficiency Test, dan medali perunggu untuk lomba science. Tak lupa, kami juga menjadi 2nd Runner Up dalam lomba science research.

Kami datang ke Thailand tanpa ekspektasi apa-apa. Tetapi, kami pulang membawa banyak kenangan dan memori menyenangkan. Ada sebuah kutipan yang saya suka dan pas untuk pengalaman di Thailand ini: It is not about the destination where you end up going, but the mishaps and memories you create along the way. (Darlene Gitta Hamida)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *